Manfaat susu kambing. Jika anda mendengar kata susu, pasti sebagian besar dari anda langsung berpikiran susu sapi. Padahal, selain susu sapi, ternyata ada susu kambing yang tidak kalah akan gizi dan manfaatnya jika dibandingkan dengan susu sapi. Yuk, simak ulasan Sato Loka tentang manfaat susu kambing  bagi tubuh manusia!

Manfaat Susu Kambing : Memiliki kandungan gizi yang lengkap

Susu kambing memiliki jumlah kalori yang lebih tinggi daripada susu sapi, tetapi juga mengandung lemak jenuh yang lebih tinggi daripada susu sapi. Oleh sebab itu, konsumsi susu kambing juga perlu diperhatikan agar kadar kolesterol dalam tubuh tetap dapat dikontrol. Protein susu kambing lebih sederhana daripada susu sapi sehingga potensi penyebab alergi terhadap susu pada anak-anak dapat diturunkan. Susu kambing kaya akan kalsium dan asam amino triptofan sehingga konsumsi susu kambing dapat meningkatkan kekuatan tulang dan mencegah osteoporosis. Kandungan vitamin B12 dan flourin pada susu kambing  dapat digunakan sebagai antibody untuk meningkatkan system kekbalan tubuh manusia. Tidak hanya itu, susu kambing memiliki kandungan potassium, selenium, asam folat, vitamin A dan niasin.

Mudah di cerna dan dimanfaatkan oleh tubuh manusia

Tekstur  kelembutan dan komposisi gizi dari susu kambing ternyata mirip dengan air susu ibu (ASI), sehingga karena mirip dengan ASI, susu kambing dapat dicerna dan berasimilasi di dalam tubuh manusia. Susu kambing dapat dicerna hanya dalam waktu 20 menit, akan tetapi susu sapi baru dapat di cerna dalam waktu 2 sampai 3 jam setelah mengonsumsinya.  Alasan lainnya mengapa susu kambing lebih mudah dicerna daripada susu sapi adalah karena susu kambing memiliki proporsi laktosa lebih rendah dan ukuran globula lemak 2 mikrometer sedangkan globula susu sapi lebih besar ukurannya  yaitu mencapai 3,5 mikrometer. Karena ukuran globula lemak susu kambing lebih kecil, maka susu kambing akan lebih cepat terdispersi dan homogen dalam tubuh.

Alternatif pengobatan berbagai penyakit

Susu kambing mengandung beta-kasein dengan kadar laktosa rendah sehingga dapat mencegah alergi serta memperbaiki infeksi pada sistem pernafasan manusia. Oleh sebab itu, susu kambing dapat menjadi alternatif untuk pengobatan berbagai penyakit gangguan system pernafasan, seperti asma, penyakit paru-paru basah, TBC, dan kanker paru-paru. Selain itu, susu kambing juga  dapat menyembuhkan penyakit maag, kolesterol, stroke, jantung, gangguan ginjal, diabetes, sampai kanker.

Wah, ternyata ada banyak sekali manfaat yang dapat kita peroleh dari mengonsumsi susu kambing. Jadi, mari konsumsi susu kambing untuk kualitas hidup anda yang lebih baik !

Jangan lupa yuk jelajahi Taman Edukasi Satwa dan Ternak Sato Loka . Di Sato Loka kamu bisa belajar cara memerah susu kambing perah lhoo.

Tinggalkan Balasan

Close Menu
WhatsApp chat WhatsApp kami